Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Studio Musik"

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
STUDIO MUSIK
Ayu Nurfatonah
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
Jl Ring road Utara, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta 55281
E-mail : nurfatonah3386@students.amikom.ac.id 
 

Abstrak
Peluang usaha adalah sebuah ruang kreasi yang bersifat independent dan mandiri. Dan bukanlah sebuah kegiatan yang dibilang hanya ikut-ikutan dengan orang lain demi mengikuti suatu trend atau gaya hidup semata.
Bisnis itu sendiri adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1orang (individu) atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa mereka untuk mendapatkan keuntungan atau laba, dan dimana setiap pengusah harus siap menerima resiko ataupun segala tantangan yag akan dihadapi.
1. Pendahuluan
Latar Belakang
Akhir - akhir ini sering di bicarakan tentang peluang bisnis. Di internet, iklan-iklan tentang peluang bisnis banyak sekali. Bahkan banyak juga yang mencari referensi di google dengan kata kunci “Peluang Bisnis”. Bahkan Ujian Kuliah Lingkungan Bisnis di STIMIK AMIKOM tentang peluang bisnis.
Sebagai mahasiswa kita memang harus di tuntut berfikir kreatif, menciptakan peluang-peluang usaha agar bisa lebih mandiri. Teknologi yang semakin berkembang harus kita manfaatkan secara optimal. Internet yang sudah tidak asing lagi di kehidupan manusia bisa kita gunakan sebagai sarana pendukungnya. Dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang Peluang Bisnis Penjualan Alat  Musik Tanpa Modal. Bisnis baru yang ingin saya kembangkan. Walaupun masih amatir dan belum begitu paham tentang bisnis ini namun kalau tidak di coba dan dijalani tidak akan tahu hasilnya. Seperti kata M Suyanto dalam kuliah lingkungan bisnis, peluang itu banyak, bahkan peluang usaha tanpa modal asal kita mau berusaha menjalankanya.
 
2. Pembahasan
                  Menurut saya,peluang bisnis dengan “Penjualan Alat Musik Tanpa Modal” ini cukup bagus untuk di kembangkan bagi mahasiswa atau seseorang yang ingin belajar untuk berbisnis,sebagian orang berfikir kalau membeli alat musik di toko itu mahal dan tidak dapat di tawar,dan kebanyakan orang membeli alat musik dari orang ke orang atau bisa di bilang bekas/second.
Tetapi menurut saya sangat jauh berbeda antara alat musik yang di jual di toko dan dari orang,memang harga juga berbeda,tetap yang mesti kita perhatikan adalah kondisinya pakah masih layak dipakai atau tidak,jika kita membeli di toko selain barang yg kita beli itu baru dan kondisinya masih mulus/bagus,biasanya kita juga akan mendapat garansi dari toko tersebut dan juga apabila kita menyervis alat yang kita beli di toko tersebut juga akan mendapat discount harga servis tersebut lain jika seseorang yang membeli di toko 1 dan menyervis di toko lain,mungkin harganya berbeda dengan yang membeli dan menyervis di 1 toko.
Kembali pada bisnis yang akan saya jalankan dengan penjualan alat musik tersebut,disini saya akan memberikan sedikit cara untuk menjalankan bisnis ini,yang pertama harus kita miliki sebelum menjalankan bisnis ini adalah pantang menyerah,jangan malu,berani ambil resiko,dan sopan santun.
Pertama sebelum kita melakukan bisnis tersebut kita harus memiliki link ke beberapa toko alat musik yang sekiranya jarak antara toko 1 dan yang lainnya cukup jauh,karna jika kita memiliki link ke toko yang berdekatan,itu akan mengurangi kepercayaan dari toko tersebut kepada kita,setelah itu kita harus berani meminta ijin untuk membantu toko tersebut menjual alat musiknya,biasanya kita akan menghadap pemilik toko tersebut dan akan sedikit di introgasi oleh pemilik toko tentang tujuan kita,dan akan jual kemana,dan jika pemilik setuju ,pemilik toko akan menyuruh kita untuk membuat proposal dan kita akan menghadap pemilik toko lagi untuk menentukan komisi yang akan kita dapat dalam setiap penjualannya.
Kedua, setelah kita di setujui oleh sang pemilik kita di anjurkan untuk memfoto alat musik yang ada di toko tersebut yang kira – kira orang yang akan kita tawarkan tertarik,kemudian setelah memfoto kita juga harus tau harga dari toko tersebut berapa dan berapa harga yang akan kita jatuhkan pada si konsumen. Setelah semua itu dilakukan,tugas kita hanya mencari konsumen sebanyak banyaknya dan kita bawa ke toko tersebut dan apabila si konsumen jadi membeli alat musik dari toko yang kita tawarkan kita akan mendapat komisi dari setiap pembelian alat musik tersebut, memang sih pekerjaannya seperti sales, tetapi apa salahnya kita coba untuk belajar berbisnis.
3. Kesimpulan
Dalam menjalankannya, ada baiknya kita harus pintar-pintar dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha kita agar dapat berkembang dengan baik. Dan kita perlu mengetahui beberapa tips dalam mengelola usaha studio musik.
Dan juga, bila anda membutuhkan lagu-lagu terbaru, lirik lagu, maupun chord gitar ketika bermain di studio, anda bisa mengunjungi blog www.musikalization.blogspot.com



Daftar Pustaka

Biodata Penulis
Ayu Nurfatonah, Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta, angkatan 2014.


Title : Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Studio Musik"
Description : K ARYA ILMIAH LING K UNGAN BISNIS STUDIO MUSI K Ayu Nurfatonah Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta Jl Ring road Utara, C...

0 Response to "Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Studio Musik""

Posting Komentar