KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
STUDIO MUSIK
Ayu Nurfatonah
Teknik Informatika STMIK AMIKOM
Yogyakarta
Jl Ring road Utara, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta
55281
E-mail : nurfatonah3386@students.amikom.ac.id
Abstrak
Peluang usaha adalah
sebuah ruang kreasi yang bersifat independent dan mandiri. Dan bukanlah sebuah
kegiatan yang dibilang hanya ikut-ikutan dengan orang lain demi mengikuti suatu
trend atau gaya hidup semata.
Bisnis itu sendiri
adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1orang (individu) atau kelompok dengan
menawarkan barang dan jasa mereka untuk mendapatkan keuntungan atau laba, dan
dimana setiap pengusah harus siap menerima resiko ataupun segala tantangan yag
akan dihadapi.
1. Pendahuluan
Latar Belakang
Akhir - akhir ini sering di bicarakan tentang peluang bisnis.
Di internet, iklan-iklan tentang peluang bisnis banyak sekali. Bahkan banyak
juga yang mencari referensi di google dengan kata kunci “Peluang Bisnis”.
Bahkan Ujian Kuliah Lingkungan Bisnis di STIMIK AMIKOM tentang peluang bisnis.
Sebagai mahasiswa kita memang harus di tuntut berfikir kreatif,
menciptakan peluang-peluang usaha agar bisa lebih mandiri. Teknologi yang
semakin berkembang harus kita manfaatkan secara optimal. Internet yang sudah
tidak asing lagi di kehidupan manusia bisa kita gunakan sebagai sarana pendukungnya.
Dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang Peluang Bisnis Penjualan Alat Musik Tanpa Modal. Bisnis baru yang ingin saya
kembangkan. Walaupun masih amatir dan belum begitu paham tentang bisnis ini
namun kalau tidak di coba dan dijalani tidak akan tahu hasilnya. Seperti kata M
Suyanto dalam kuliah lingkungan bisnis, peluang itu banyak, bahkan peluang
usaha tanpa modal asal kita mau berusaha menjalankanya.
2. Pembahasan
Menurut
saya,peluang bisnis dengan “Penjualan Alat Musik Tanpa Modal” ini cukup bagus
untuk di kembangkan bagi mahasiswa atau seseorang yang ingin belajar untuk berbisnis,sebagian
orang berfikir kalau membeli alat musik di toko itu mahal dan tidak dapat di
tawar,dan kebanyakan orang membeli alat musik dari orang ke orang atau bisa di
bilang bekas/second.
Tetapi menurut saya sangat jauh berbeda antara alat musik
yang di jual di toko dan dari orang,memang harga juga berbeda,tetap yang mesti
kita perhatikan adalah kondisinya pakah masih layak dipakai atau tidak,jika
kita membeli di toko selain barang yg kita beli itu baru dan kondisinya masih
mulus/bagus,biasanya kita juga akan mendapat garansi dari toko tersebut dan
juga apabila kita menyervis alat yang kita beli di toko tersebut juga akan mendapat
discount harga servis tersebut lain jika seseorang yang membeli di toko 1 dan menyervis
di toko lain,mungkin harganya berbeda dengan yang membeli dan menyervis di 1
toko.
Kembali pada bisnis yang akan saya jalankan dengan penjualan
alat musik tersebut,disini saya akan memberikan sedikit cara untuk menjalankan
bisnis ini,yang pertama harus kita miliki sebelum menjalankan bisnis ini adalah
pantang menyerah,jangan malu,berani ambil resiko,dan sopan santun.
Pertama sebelum kita melakukan bisnis tersebut kita harus
memiliki link ke beberapa toko alat musik yang sekiranya jarak antara toko 1
dan yang lainnya cukup jauh,karna jika kita memiliki link ke toko yang
berdekatan,itu akan mengurangi kepercayaan dari toko tersebut kepada
kita,setelah itu kita harus berani meminta ijin untuk membantu toko tersebut menjual
alat musiknya,biasanya kita akan menghadap pemilik toko tersebut dan akan
sedikit di introgasi oleh pemilik toko tentang tujuan kita,dan akan jual
kemana,dan jika pemilik setuju ,pemilik toko akan menyuruh kita untuk membuat
proposal dan kita akan menghadap pemilik toko lagi untuk menentukan komisi yang
akan kita dapat dalam setiap penjualannya.
Kedua, setelah kita di setujui oleh sang pemilik kita di
anjurkan untuk memfoto alat musik yang ada di toko tersebut yang kira – kira
orang yang akan kita tawarkan tertarik,kemudian setelah memfoto kita juga harus
tau harga dari toko tersebut berapa dan berapa harga yang akan kita jatuhkan
pada si konsumen. Setelah semua itu dilakukan,tugas kita hanya mencari konsumen
sebanyak banyaknya dan kita bawa ke toko tersebut dan apabila si konsumen jadi
membeli alat musik dari toko yang kita tawarkan kita akan mendapat komisi dari
setiap pembelian alat musik tersebut, memang sih pekerjaannya seperti sales, tetapi
apa salahnya kita coba untuk belajar berbisnis.
3. Kesimpulan
Dalam menjalankannya, ada baiknya kita harus pintar-pintar
dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha kita agar dapat berkembang
dengan baik. Dan kita perlu mengetahui beberapa tips dalam mengelola usaha
studio musik.
Dan juga, bila anda membutuhkan lagu-lagu terbaru, lirik
lagu, maupun chord gitar ketika bermain di studio, anda bisa mengunjungi blog www.musikalization.blogspot.com
Daftar
Pustaka
Biodata Penulis
Ayu Nurfatonah, Jurusan
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta, angkatan 2014.
Title : Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Studio Musik"
Description : K ARYA ILMIAH LING K UNGAN BISNIS STUDIO MUSI K Ayu Nurfatonah Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta Jl Ring road Utara, C...
Description : K ARYA ILMIAH LING K UNGAN BISNIS STUDIO MUSI K Ayu Nurfatonah Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta Jl Ring road Utara, C...
0 Response to "Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis "Studio Musik""
Posting Komentar